Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Keistimewaan Rendang Padang

Keistimewaan Rendang Padang

Written By Unknown on Senin, 12 Maret 2007 | 16.23

    Rendang Padang


    Rendang adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat(Minangkabau) ini sangat  digemari oleh masyarakat setempat, mengingat rasanya yang nikmat dan lezat.  
    Di samping memiliki rasa yang lezat, rendang menempati  posisi terhormat dalam budaya masyarakat Minangkabau. Hal ini dapat dilihat dari filosofi masyarakat Minangkabau (Sumatera Barat) tentang rendang. Filosofi tersebut merujuk pada 4 bahan pokok rendang yaitu:dagiang (daging), karambia (kelapa), lado (cabai), pemasak (bumbu). Dagiang (daging) sebagai bahan utama dalam rendang merupakan lambang  dari Niniak Mamak (para pemimpin Suku adat) yang  ada di Minangkabau; karambia (kelapa), sebagai bahan pendukung, merupakan  lambang dari Cadiak Pandai (kaum intelektual). Komponen  ketiga yaitu lado (cabai); merupakan lambangAlim Ulama yang pedas, tegas untuk mengajarkan  syarak (agama) dan komponen terakhir adalah pemasak (bumbu), ini  merupakan lambang dari masyarakat Minang.
    Bumbu rendang mempunyai ciri khas. Di setiap  masakan, warna bumbu rendang kadang berbeda-beda. Sejauh ini, warna coklat  kehitaman masih menjadi ciri khas rendang, namun di beberapa tempat (rumah makan padang) juga  ditemui bumbu rendang yang berwarna merah tua bahkan benar-benar hitam.
    Pada umumnya, rasa rendang adalah pedas, namun  jika sudah menjadi menu rumah makan Padang,  kadar rasa pedas tergantung kebijakan pemilik rumah makan. Jika para wisatawan  pernah berkunjung ke Padang atau merasakan masakan rendang yang dibuat oleh  orang Padang ‘asli‘, para wisatawan akan merasakan perbedaan dengan rendang yang dijual di rumah makan Padang. Selain bumbu rendang yang lebih meresap ke  dalam daging, rasa pedasnya juga akan lebih terasa.
    Masakan rendang ini bisa tahan lama dengan rasa tetap enak. Justru, semakin lama rendang dimasak, rasanya akan semakin enak.  Maksudnya adalah walau rendang dimasak hari ini dan tidak habis, tidak perlu dikhawatirkan  akan menjadi basi. Cukup dimasak ulang (dipanaskan) dan tidak perlu ditambah  bumbu lagi. Semakin sering dimasak ulang maka rasa rendang akan semakin enak.
    Untuk lokasi, rendang bisa dijumpai  di seluruh rumah makan yang ada di Sumatera  Barat. Setiap rumah makan menyediakan rendang sebagai menu pokok. Bahkan rumah  makan Padang  yang ada di luar Sumatera Barat juga menyediakan menu rendang sebagai menu  utama.
    Bagi para wisatawan yang datang dari luar Sumatera Barat, sesampainya dikota Padang  bisa langsung menikmati menu ini di rumah-rumah makan terdekat.

    Harga Rendang Padang per Porsi

    Harga satu porsi rendang berkisar antara Rp.7.500 - Rp.10.000,- . Rumah makan Padang  biasanya selalu menyediakan masakan rendang, disamping itu juga menyediakan berbagai  menu masakan padang  lain yang menarik untuk dicoba seperti dendeng baladogulai asam  padeh dan lain-lain. Tidak ketinggalan, setiap rumah makan padang juga menyediakan beraneka minuman yang menggugah selera para pengunjung seperti teh telor dan aneka jus.

SHARE

About Unknown